Tips Membeli Amplifier

 

 

Gitar elektrik tidak akan terdengar seperti yang Anda inginkan sampai Anda menghubungkannya ke amplifier.

Anda mungkin sependapat dengan Keith Richards, bahwa real sound ada dalam genggaman Anda, dan ada begitu banyak hal yang perlu diperhatikan. Tentu saja, beberapa pasti ada pada gitar dan juga pada amp.

 

Ketika memilih sebuah amp, kita akan menemukan begitu banyak pilihan amplifier di luar sana, pilihan elektronik yang membingungkan ada dalam kotak hitam besar dan kecil, tube dan solid state, combo dan piggyback, mahal dan terjangkau, modern dan vintage, dll. Berbagai model speaker dalam box sampai seukuran phonebook dalam era digital saat ini. Jumlah pilihan bisa lebih membingungkan lagi jika Anda baru mulai belajar bermain gitar atau belum pernah membelinya dan tidak mengetahui beberapa tahap dasar.

 

Tanpa petunjuk khusus yang penting, lima tips dasar dalam membeli amplifier berikut ini bisa membantu Anda:

 

1. Homework

Pekerjaan rumah. Pelajari berbagai macam model online, pada majalah gitar dan membahasnya dengan teman yang mengerti tentang gitar dan amplifier. Kemudian pergilah ke toko musik, ambil gitar dan colokkan ke amp yang Anda inginkan. Kecuali Anda membeli online itu soal lain.

Pastikan membeli dengan hati-hati (dan melakukan penelitian cermat).

 

2. Ruangan khusus

Hal ini akan membantu Anda untuk menguji amp dalam ruang khusus. Banyak toko musik memiliki ruang khusus hanya untuk tujuan ini, manfaatnya agar calon pembeli amp bisa mencoba dan menemukan nada yang sesuai dengan kebutuhannya dalam berbagai tingkat volume. 

 

3. Tone yang buruk

Bagus jika amp ini memiliki efek, tapi pastikan mendengar nada dasar amp tanpa efek, beberapa amp memiliki efek bagus tetapi tak bernyawa dan tidak mempengaruhi nada. 

 

4. Tube vs. solid state

Masing-masing memiliki kelebihan sendiri. Vacuum Tube, yang terlihat seperti teknologi kuno, telah banyak berkontribusi dalam rekaman gitaris favorit Anda. Ada banyak tube amp terjangkau, tetapi Anda akan mengetahui bahwa mereka sering membutuhkan biaya lebih besar daripada solid-state atau digital amp. Rincian berikut ini bisa sangat membantu, tetapi Anda harus mencoba dari beberapa ampli dan perhatikan model apa yang sesuai dengan selera Anda. Tidak ada aturan yang baku dan cepat, tetapi semua berdasarkan pilihan. 

 

5. Ukuran yang tepat

Combo yang kecil untuk latihan di rumah, dan full-stack untuk tempat yang lebih luas seperti cafe. Bicara soal ukuran, membeli yang terlalu besar atau terlalu kecil merupakan kesalahan umum. Anda mungkin mempertimbangkan amp hanya sedikit lebih besar dan lebih bertenaga dari yang Anda butuhkan, lebih baik memiliki cukup sedikit besar daripada tidak cukup.

Bertanaga 5 sampai 15 watt, cukup untuk berlatih dan rekaman sendiri, 20 sampai 60 watt untuk latihan dengan band dan pertunjukkan di klub, dan 100 watt atau lebih untuk panggung yang besar.

 

Ditulis oleh Jeff Owens

Diterjemahkan oleh Okvi