Kompon Profil Neck American Elite

 

Salah satu fitur yang paling banyak dibicarakan dari seri Fender Amerika Elite adalah neck-nya, yang memiliki 9,5"-14" kompon-jari-jari lingkaran fingerboard dan merupakan sebuah paduan yang sempurna dengan neck heel asimetris yang nyaman.

 

 


Sebenarnya adalah pasangan neck terpisah, walaupun begitu, itu adalah kompon profil. Ketika melihat neck dengan potongan melintang, artinya, dimulai dengan bentuk modern "C" pada nut dan secara bertahap berubah menjadi bentuk modern "D" pada sambungan bodi. Ini adalah inovasi desain yang baru dari Fender.

 

 


Gitar dan bass Fender biasanya memiliki bentuk profil neck "C"-, "U"- atau "V" (kadang-kadang disebut sebagai backshape). "C" adalah bentuk yang paling umum, ini dapat ditemukan pada model yang paling kontemporer, seperti dalam seri Deluxe dan Standard. Bentuk oval yang nyaman dari profil "C" tidak sedalam dua profil neck lainnya, dan sangat baik untuk berbagai gaya bermain. Profil "U" lebih gemuk (seperti, neck "pemukul bisbol"), dan profil "V" memiliki bahu sempit dan tulang belakang lebih tajam.


Gabungan potongan profil neck Fender terbaru membuat pemain lebih mudah akses ke hulu fingerboard, dengan kenyamanan ergonomis superior dari atas sampai bawah (hampir mirip dengan headstock Jimi Hendrix dan juga mirip dengan neck heel John 5)


Ini semua tentang preferensi. Banyak pemain mengembangkan afinitas pribadi yang sebenarnya dan selamanya untuk profil neck tertentu. Di situlah kompon profil neck, "C" dengan anggun bermetamorfosis ke "D", telah hadir. Menawarkan pilihan lain bagi pemain untuk mempertimbangkannya ketika mencari gitar yang sempurna.

 

 


Fender melakukan banyak penelitian dan pengembangan dalam menciptakan fitur ini. Dalam suatu organisasi yang sangat berpengalaman dalam membuat gitar dan juga pemain, tim desain bereksperimen dengan lusinan bentuk profil yang berbeda sebelum menemukan salah satu yang akan digunakan dalam jajaran kinerja Fender yang paling tinggi sampai saat ini.


Hal ini juga membangkitkan kembali saat-saat ketika Leo Fender membuat gitar sendiri dengan berbagai bentuk neck yang berbeda, lebih mendalam serta lebih spesifik, seperti bentuk "V" tahun 50-an, bentuk "C" tahun 61 dan lain-lain.


Tentu saja, cara terbaik untuk mengalami nuansa yang nyaman dan kinerja kompon profil neck terbaru Fender dengan membuat instrumen seri Amerika Elite dan mencobanya sendiri. Selamat memainkannya!