ARTIST
Sopuan

 

Sopuan

sopuann@gmail.com

 

Pria asli Palembang ini mulai aktif di kegiatan Marching Band sejak bergabung di Marching Band Tridinanti Palembang sebagai pemain Multi Tenor dibawah asuhan Mas Kirnadi dan Almarhum Rene Conway. Pada saat itu masa awal 1990-an  Marching Band Tridinanti berprestasi di kejuaraan nasional yaitu Grand Prix Marching Band dengan  selalu masuk Final dan menembus tiga besar. Di Marching Band Tridinanti ini Sopuan sudah mulai tertarik dengan dunia desain Visual dengan selalu menyumbang ide Visual di setiap pagelaran baik secara Drill Design maupun Color Guard.

Hijrah ke Jakarta pada tahun 1997 masuk ke The Cressendo Corps  asuhan Mas Kirnadi untuk bermain Snare Drum dan juga Field Commander dibawah kepelatihan Endro. Disela latihannya Sopuan terus mengembangkan ilmunya di Visual khususnya Colorguard melalui Video instruksi baik WGI maupun DCI. Karena keseriusannya dalam mempelajari Visual, Sopuan diajak teman-teman pelatih di Jakarta untuk melatih di sekolah-sekolah seputaran Jakarta dan puncaknya adalah ketika Sopuan diajak Mas Kirnadi untuk melatih Color Guard Putri Santa Ursula Marching Brass.

Setelah itu Sopuan langsung menentukan fokusnya yaitu di Color Guard, dan mulai menoreh prestasi di kejuaraan nasional sehingga dipercaya untuk melatih Marching Band Semen Padang, Madah Bahana Universitas Indonesia dan juga kemudian di Marching Band Bontang Pupuk Kaltim. Di unit-unit tersebut  Sopuan mencatat beberapa kali prestasi sebagai Colorguard Section terbaik di kejuaraan nasional.   

Di dunia penjurian Sopuan tercatat mempunyai sertifikasi umum untuk Drumcorps Europe (DCE) dan World Association of Marching Showband (WAMSB). Dan aktif menjadi juri Visual maupun Colorguard  di berbagai kejuaraan di berbagai wilayah di Indonesia.

Saat ini Sopuan tinggal di Pamulang, Depok,  bersama istri dan tiga anaknya, tetap aktif melatih, menjadi juri dan memberikan seminar pelatihan ke seluruh pelosok Indonesia.

Sopuan saat ini diendorse oleh Bandshoppe, produk buatan USA  untuk kebutuhan Colorguard meliputi  Rifle, Pole dan Sabre.